Jumat, 15 Maret 2013

PORTING & POLISH Sendiri

Apa itu Porting/Polish?. Porting tu memperbesar, Polish tu menghaluskan. Aksinya sama aja cuma alatnya yang berbeda



Berikut tahapannya:
1. Siapkan peralatan, Meliputi: Bor, Batang besi kecil, Mini grinder, Amplas meteran kasar dan agak
    halus, Solasi kertas coklat, Lampu penerangan, Bensin dalam botol air mineral, Lap bersih, 
2. Bersihkan blok mesin dari kotoran, Amati dengan seksama lubang masuk dan buang.
4. Untuk porting, cukup pilih mini grinder yang sesuai dengan kebutuhan, lalu lakukan pengeboran, 
    Hati hati jangan sampai terlalu dalam karena bisa merusak rumah klep. Nanti kalo rusak anda harus   
    beli blok baru.
4. Untuk polish, Siapkan amplas kasar, potong 3x10 cm 
4. Siapkan batang besi, potong bagian tengahnya dengan gergaji besi sehingga Amplas bisa di selipkan 
    ke dalamnya.
5. Gulung amplas pada batang besi searah dengan arah putaran bor. Lalu amplas di isolasi kertas agar 
    tidak bergerak
6. Lakukan Pengeboran dengan bertahap, gunakan amplas kasar terlebih dahulu lalu yang agak halus.
7. Siram sisa debu besi dengan botol bensin, Lubangi tutup botol dengan jarum agar irit, Gak usah ragu
    ragu, lebih mahal bloknya daripada bensinnya.
8. Bor dengan hati hati dan teliti. Waktu pengerjaan porting/polish sekitar 4-6 jam


                                          Menghaluskan permukaan lubang yang kasar






                                Diameter lubang buang harus lebih kecil dari lubang hisap


Saran dari para sesepuh yang terpercaya: 
  " Sebenarnya porting tidak di sarankan untuk mendongkrak tenaga pada komponen standar, Polish saja sudah cukup. Tapi apabila banyak komponen yang sudah tidak standar seperti karbu, diameter piston, CDi sehingga ruang bakar memerlukan saluran masuk-keluar yang lebih besar maka langkah ini  bisa di lakukan".

Kamis, 14 Maret 2013

PROSES.. ( 2 bulan sebelumnya )

Almost this close atau hampir gagal bung..

Well bukan gagal dalam projectnya tapi gagal dalam waktunya. Molor hingga 2 bulan. Kalo di pabrik perakitan motor sudah di CUT neh. Masuk tong sampah.










Ada beberapa komponen yang di beli dan lumayan coba coba. soalnya saya tidak punya referensi, Kurang giat cari info atau pada pelit bagi bagi info? Ah bodo lah..





Rabu, 13 Maret 2013

TROMOL & NAP GEAR RX-KING




 
Pakai gear Rx King juga bisa. Ya iya lah. 
Beberapa gear yang sama yaitu RXZ, RX King dan Thunder bisa di pasang tanpa ada perubahan. 




Baut angkur pada nap gear di modifikasi jadi lebih panjang. Bisa beli di toko baut, Bisa juga di las sambung atau pakai baut 12 panjang lalu potong dan stoper bautnya di las. Tapi lebih mudah beli aja lah..Tapi agak susah juga, karena komposisi bautnya 12 tapi kepalanya 14 trus panjang 10 cm lagi. 
Rata rata baut angkur standar cuma 6cm.



 Bushing di bungkus dengan busa pipa AC sebagai penghalang kotoran biar bearingnya bersih. Atau   bisa juga buat dari karet sendal jepit warna pink biar lebih keren..

                                      Ring 12 dan baut 14 jadi spacer pada baut angkur. Lumayan hemat

                                       Tutup rem thunder sama diameternya dengan king

Senin, 11 Maret 2013

CHOPERS MURAHan

Huff!
Beda aliran bergaya japan udah basi, Stretfighter plis deh...
Mimpi punya choper tapi harganya selangit, Modif jadi chopers ongkosnya juga selangit..

Siapa bilang modif itu harus mahal? Menurut saya yang mahal itu bukan uang tapi kepuasan nya itu lho.. Memangnya yang bisa cuma bengkel modif sama yang berduit ? Kaum KERE juga bisa bro..

Kalo masuk bengkel modif biayanya bisa 2x harga motor ya? coba dihitung hitung..hmm.., Motor saya harga jualnya 5 juta maksimal, Berarti biaya modifnya bisa 10 jutaan dun? Plus harga motor jadi 15 jutaan dun? Nah.. Atas dasar dana yang mepet dan harga jual yang jatuh plus motor pertama saya neh. Jadi agak sayang juga ngelepasnya. Daripada jual 5juta mendingan saya bungkus aja deh. trus simpan sampai tahun 2060. Berarti saya kalah dun? Menyerah dengan kenyataan motor thunder yang murah?  ah..yusoLoser!
Sok kita Tos Tosan. Bisa ga dengan modal 1 juta saya bikin nih motor jadi artis jalanan.
Ternyata bisa bro!
Sektor luar memang ga keluar duit banyak . 1 juta cukup lah. Tapi ada yang iri tuh. Sektor mesin jadi penyebab hilangnya kendali finansial. Jadi project di hentikan sementara.Yang penting bisa jalan dulu. Bila mesin motor sudah sehat trus di modif seperti ini, ya modalnya cuma 1 juta.-an.


                                            Jok plat bekas beli kiloan di om madur-a
                              Porting & Polish +Per rocker arm dan cover mesin di lepas..
                                     Box aki terbuka
                   Knalpot di potong. Hot pipe wanabi tapi tetep pake glaswool biar ngebas dikit.
                                      Lampu variasi vespa. Sangat tidak safety tapi gaya..
                                                      Plat nomer ngumpet



Berikut perhitungan kasarnya..

1. Tangki custom peanut..Rp 600rb
2. Stang monyet..Rp 200rb
3. Selang rem TDR 120cm..Rp 120rb
4. Potong rangka..Rp Gratis (modal mesin bor & grinda pinjeman)
5. Las Argon..Rp 200rb
6. Lampu depan belakang..Rp 60rb
7. Lampu sein..Rp 60rb
8. Round bar belakang..Rp 100rb
9. Karbu pe28 kw1..Rp400rb
10. Manifold Rp50rb
11. Kampas kopling BRT.. Rp160rb
12. Per kopling Racing..Rp 120rb ( Ganjel ring patah juga bisa)
13. Karet joint rumah kopling..Rp 30rb
14. Disk Brake palsu..Rp. 60rb
15. Kampas rem ori..Rp 60rb 
16. Karet cover shock depan..Rp 60rb
17. Paking topset..Rp 25rb
18. Filter udara kompresor..Rp120rb
19. Klep set..Rp 100rb
20. Treebon gasket seal..Rp 30rb
20. Gearset Indopart..Rp120rb
21. Besi bekas madur-a..Rp 100rb
22. Oli Prima XP..Rp 35rb
-------------------------------total Rp.2.810.000-
Belum ongkos, tips, parkir, kopi, nasi padang, gorengan, dll dll..

Biaya tersebut untuk semua part yang harus di beli. Kalo yang masih bisa di pakai ya di manfaatkan aja. Dan jumlah tersebut terbilang murah. di bandingkan dengan ongkos bengkel modifikasi. Bisa hemat ber-jutajuta..lumayan lah buat nyicil rumah.