Senin, 22 Agustus 2011

Modifikasi Velg Lebar Jeruji pada Thunder 125

DATA MODIF VELG JARI LEBAR THUNDER 125


DEPAN:
- Velg Champ hitam 300-17" ..................................Rp.  250.000
- Ban Corsa 110/70/17 ..........................................Rp.  265.000
- Tromol shogun.....................................................Rp.   50.000
- Bubut rumah bearing........................................@Rp.   20.000
- Bearing lubang as depan thunder 125 no:6301..@Rp.   15.000
- Jari jari rx king.....................................................Rp.   20.000
- Ban dalam swallow 300-400...............................Rp.   40.000
                                                                            --------------- +
                                                                              Rp.  695.000

BELAKANG:
- Velg Champ hitam 350-17" (bor lubang untuk jari2 binter)....Rp.  320.000
- Ban corsa 130/70/17...........................................................Rp.  305.000
- Tromol Rx King baru ori......................................................Rp.  170.000
- Nap gear Rx King baru ori...................................................Rp.   60.000
- Bearing tromol lubang as belakang thunder 125 no: 6302zze..@Rp.   15.000
- Bearing nap gear lubang as belakang thunder 125 no:     .......Rp.   18.000
- Jari jari Binter Mercy (ukuran lebih besar dari standar)..........Rp.   35.000
- Ban dalam swallow 300-400................................................Rp.   40.000
- Karet nap gear Rx king.........................................................Rp.   15.000
                                                                                             ---------------- +
                                                                                               Rp.  993.000

                                                                                Total        Rp.1.688.000




Sedikit tips:
 1. Bubut rumah bearing pada tromol depan harus presisi. samakan rasio kerenggangan dengan tromol original
    agar bearing dapat masuk dengan mudah.
 2. Bushing penjepit tromol bisa berbeda ukuran sesuai dengan ban & velg yang di gunakan. alternatif    tambahan dengan menggunakan ring baut biasa ukuran 20-24.
 3. Untuk jari jari agar terlihat lebih "galak" bisa menggunakan cat semprot. tapi cat
    tanpa niple karena untuk di stel jadi nanti akan terkelupas dan percuma
 4. Silikon tubless Rp 45.000 untuk masing masing roda.Tapi harus di tempat yg terpercaya
    dan bergaransi. kalo nggak yakin ya pake ban dalam saja.
 5. Semua tromol original. biar bekas tapi ori biar lebih kuat.
 6. Konsultasi sama tukang stel velg dengan ramah. sambil ngopi kalo perlu. jangan sampai
    velg di kerjakan dengan asal.
 7. Perbesar lubang velg sendiri (untuk  jari binter mercy) dengan bor listrik agar presisi. hati hati jangan terlalu
    lebar agar niple tidak mudah keluar.  atau minta dibuatkan kepada tukang stel velg
 8. Aplikasi gear set standar thunder 125.:
         -  Gear depan tanpa rubahan (bila jarak rubahan gear belakang <2cm. kalo lebih ya berubah dun).
         -  Gear belakang :  1. Ganti dengan gear mangkok mata 46-48(mungkin beli di bonjer (kalo ada))
                                      2. Ganjal gear dengan mur 14 dan ring 3 pc. jadi posisi gear dan nap gear di beri     "Spacer murah" dari mur 14 dan ring 12 sehingga terdapat jarak 1.5-2cm. Kenapa harus mur 14? agar baut nap gear ukuran 12 bebas di seting.
                                      3. Buat Gear gendong. Dibutuhkan 2 set gear depan belakang tanpa rantai. jadi gear lama di gerinda matanya sehingga posisi rantai pada gear yg lain dapat bergerak bebas. cara menggendong" nya dengan di baut uk12. samakan posisi lubang. Jadi deh
                                      4. Untuk rubahan no 3# dapat di gunakan gear set dari motor lain seperti punya Tiger.Ninja 250 atau Pulsar 180. 
 9. Ingat! Semua harga NEGO (kalo bisa)...
10. Kerjakan sendiri agar lebih puas.(kecuali pasang ban).
11. Untuk ukuran ban luar di sarankan beli yg baru saja.corsa s123 lumayan bagus dari segi bahan. model dan kualitas.(ud tes di segala kondisi selama 2 tahun).Atau beli ban limbah sekalian yg ukurannya 120F &180R tapi ganti swingarm.(jual ban ex moge: http://www.kaskus.us/showthread.php?p=512418118) Arm standar cuma mentok di 150
12. Terakhir. merakit velg jari lebar tidak mudah. bila anda orang yg cepat menyerah dan tidak suka dengan kerja keras. LUPAKAN! Beli saja velg aftermarket yang PnP. Atau serahkan kepada bengkel langganan. Tapi bila anda berani coba..dijamin puas..







84 komentar:

  1. wah bos infonya polll pisan!!mo nanya klo velg17/300 or 17/350,300 or 350 ukuran apanya ya?thx brader!

    BalasHapus
  2. @om Wisnu: 300-350 adalah ukuran lebar tapak velg dalam satuan numerik pabrik(inch,cm,mm). tapi kalo di ukur sendiri bisa variatif tergantung merek. Velg champ 300-350 kalo di ukur adalah 3.50-4.50 inch. Bisa muat ban 120-160. Lumayan besar kan? sama sama om!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maas infonya mantaaaaap
      Mau tanya niih.... Nomer bearing nap gearnya brapa yah maas?
      Makasiih

      Hapus
  3. om jazz ane uwd dpt velg DID size 17x1.60&17x2.15
    ban lebar size brp yg cocok?
    saya mau ngebangun thunder retro uncle jazz.
    mohon petunjuk.
    TQ'

    BalasHapus
  4. Coba om wisnu mampir dulu ke sini:
    http://donnyariyanto-studiomotor.blogspot.com/ atau http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1967667&page=12 atau
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5727078

    Lumayan buat inspirasi. Tapi kalo size tersebut. mungkin cocoknya ban dengan ukuran F70/80-17 dan R90/80-17. tapi saya kurang paham sama ban. Bisanya cuma nge gas doang..hehe

    BalasHapus
  5. bang penutup kampas rem blakangnya apa gak perlu di ganti? tetap bisa pake yang aslinya thunder ato musti diganti jg dgn bawaan rx-king..

    BalasHapus
  6. @black.pearl:
    Sama dengan kampas rem nya -Diameter tutup tromol RX King sama persis dengan tutup tromol standar thunder 125. tinggal plek.. tapi sebelumnya harus di ganjel bushing atau ring karena bibir tutup akan tergerus dengan tromol. ketebalan bushing atau ring 2.5- 3 cm kalo ga salah.
    Selamat mencoba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ,was wes wossss...
      ,bro pengen modif jg nih....

      Hapus
  7. nice info bang :)
    mo nanya lg nih trus klo soal gear belakang apa masih bisa pake bawaan velg aslinya,?
    aku blm rada2 ngerti soal penjelasan abang soal gear blakang musti ganti gear mangkok yg gimana ya bang heheh

    BalasHapus
  8. Gear belakang bisa pake punya Thunder 125. Posisi lubang sama persis dengan King. kalo gear mangkok dan gendong hanya alternatif untuk ban lebar yang membutuhkan spacer agar ban tidak tergerus rantai tapi kalo mau hemat ya buat aja dari ring dan mur 14 dengan ketebalan 1.5-2cm.

    BalasHapus
  9. ooh aku br ngerti :)
    rencana aku cmn mw pake ban yang kecil aja kok... kyk motor2 bebek... rencana ku mw modif ceper pake ban kecil..

    thankz infonya gan :)

    BalasHapus
  10. Modif Cafe Racer aja bro..banyak contohnya yg cakep murah lagi.. Jadi mikir mau beli thunder lg buat CR. Coba mampir di sini:

    http://www.mymotobike.com/article/read_article/17221/121/2011/04/05/modifikasi-thunder-125-cafe-racer-rp-4-jutaan

    http://www.returnofthecaferacers.com/2011/08/thekatros-suzuki-thunder-125-cafe-racer.html

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4114067

    BalasHapus
  11. wew mantap modifnya.. emang keren modif CR, biasa aku lhat klo modif2 gtu pake mtr yg lama klo gk salah pake honda cb, tp itu trlalu extreme br dah gak bsa untuk goncengan hahah..
    lanjutkan bro beli thunder lg br di modif CR :)

    oh iya itu tromol dpan punya shogun apa bro? :)

    BalasHapus
  12. Hehe bener juga ga bisa boncengan ya nanti ada yg protes. Menurut gw pake mesin baru jg ga pp. thunder 2006 sama GL th86 harga beda tipis tahun beda jauh. Aneh. Cuma bentuk mesin kiri yg kayak setrikaan itu yg thunder susah buat dimodif.--Tromol shogun 125 ver #1 kalo ga salah. Kalo main bubut tromol apapun juga bisa asal ada dudukan cakramnya.

    BalasHapus
  13. mngkn krna bda CC jg kali jd hrg bda tipis :)
    hahah emang susahnya apa bro klo bentuk mesin kirinya kyk setrikaan, emang klo mw di modif gmana??

    tp yg di bubut cmn rmh bearingnya kan?? jd cakram asli thunder bsa lgsg plek sama dudukan tromol shogun 125..

    BalasHapus
  14. Gw pernah bongkar mesin samping kiri thunder. bentuk setrikaan cuma untuk nutup dinamo stater jadi disainnya di teruskan ke depan. its useless. kalo mesin 2011 ya itu baru bagus disainnya- itu menurut gw lho. tapi tetep thunder emang cihuy..kalo mau ganti gaya paling di cat hitam. Beres.-- Yup cuma rumah nya aja. cakram langsung plek + dudukan cakram di shock depan di grinda 3mm. Kemarin gw pasang disk jd seret.

    BalasHapus
  15. wah hebat pernah bongkar mesin thunder.. aku blm prnah jd blm rada2 ngerti soal mesinnya thunder heheh.. ku cmn biasa bongkar karbu doang itupun aku pake karbu king mantap bro :)

    bagian mana tuh bro yg di grinda?? emang ada yg nyangkut ya..

    BalasHapus
  16. Cuma iseng om. Ntar kapan kapan jg mo ganti karbu. Di shock depan kiri ada 2bh lubang baut dudukan kaliper rem. nah bagian itu di gerinda agar jarak cakram keluar 0.3mm-- tapi itu karena waktu gw bubut kurang dalem jadi bearingnya ga semua masuk rumahnya.Disk jd seret---
    So kalo gw di kerjain dulu baru ketemu masalahnya.
    Project coba coba kalo gagal ya masuk bengkel.. Hehe..maklum budget rendah maunya wah..

    BalasHapus
  17. hahah. ku jg cmn modal 700rb doang jd mwnya beli serba bekas tp yg asli. :D
    emang gak ada ya tromol dpan yg lgsg plek bearing sama cakramnya?? gak masalah kok biar spedonya gak jalan.. soalnya mtrku kagak pake spedo hehe.. kira2 tromol dpan rx-king bsa lgsg plek pa gak ya?? :)

    BalasHapus
  18. ooh ia satu lg mas bro itu bearing blakang emang bnar 6302 ?? soalnya aku search di mbah google ada jg yg blg 6202, jd yg bnar yg mana bro? :)

    BalasHapus
  19. Kalo tromol King belom pernah coba.. Yg gw baca kalo ga salah punya smash. shogun 125R sama supraX(pake disk supraX). tapi yg pas banget ya shogun buat tromol depan tapi spido mati---Gini aja bro.. lu bawa aja as depan thunder trus lu cocokin sama bearing yg pas di toko--Bearing belakang King ada 2 jenis. yg di tromol sama di napgear. nah yg napgear agak besar tapi diameter as sama ---nah gw lupa tuh kodenya. mungkin itu kali..

    BalasHapus
  20. ooh aku bru ngerti bro :D
    jd tromol blakang pake 2 bearing ya bro.. tp bda nomor yg di tromol rem sama nap gear.. seep dah.. yg jelas klo tromol blakang bsa lgsg plek gak masalah... :)
    bro mending tromol dpan di bubut dulu ya br di cat semprot,,??

    rencana ntar sore aku mw nyari2 tromol dulu di penjual barang bekas alat2 mtr dkat rmh heheh.. rencana tromol cmn mw beli yg bekas aja soalnya budget rendah :D

    BalasHapus
  21. Sip. kalo mau lebih oke pake 4 bearing. 2 di tromol 2 di napgear atau penuhin rumahnya sama bearing biar makin sip.(kalo duitnya lebih..)--Mendingan di bubut dulu baru cat. hati hati masbro.. bubut harus presisi.minta tolong pasangin bearingnya sekalian sama tukang bubut. kalo ngga pas kan dia yang cape.haha...--Sip. biar 2nd tapi ori..

    BalasHapus
  22. ooh bsa ya bro pasang bearing banyak2 di tromol ku baru tw..
    okeh bro... rencana jg mw skalian bwt di pasangin bearingnya soalnya pasti btuh ukuran jg bro bwt ngebubutnya hahah :D emang keliatan susah ya ngebubut rmh bearingnya biasa mas bro nungguin brp jam di bubut??

    BalasHapus
  23. oh ia beli bushing dimana mas bro?? haduh hampir lupa..

    BalasHapus
  24. satu lg bro bearing nap gear tromol blakang rx-king klo mau beli cukup blng bearing bwt mtr rx-king ya?? krna lubang bearingnya bwt ass thunder sama kan ma punya rx-king?? jd bsa di bilang ass thunder sama ass rx king sama.. heheh..

    sory klo bnyk tanya mass bro ^^v

    BalasHapus
  25. 1. Bisa pasang banyak tapi cuma yg belakang.--Cuma nunggu 30 menit om waktu bubut..yg penting kritis lah. kalo gagal kan beli tromol lg--
    2. Beli bushing di toko biasa tapi agak repot soalnya bawa2 as depan belakang. tapi kalo belakang orinya thunder kepake tuh. kurang lebihnya tinggal di akalin sama gergaji besi dan ring 20 atau 21 atau mur 20-21. kan fungsinya buat ganjel doang.
    3. Waktu beli bearing buat napgear king. Gw bawa napnya ke toko trus bilang beli bearing buat ini tapi pake as thunder. ga tau asnya sama apa ga.

    BalasHapus
  26. Ga pp masbro..justru gw suka neh tukeran info biar nambah ilmu..

    BalasHapus
  27. wah kyknya bwt ngakalin tromol blakang agak sulit ya bro.. musti ada yg di potong2 nih :D
    klo tromol dpan musti pake bushing jg ya bro??

    hahah thankz bro.. soalnya ku jg pemula br mw masang velg jeruji bwt thunder

    BalasHapus
  28. Ah. ga susah masbro..pantang mundur aja. Tromol depan pake bushing pendek.Di ukur aja dulu. kalo dapet yg panjang bawa ke tukang las minta potongin kasih 5rb beres ga cape.
    Sama sama masbro..

    BalasHapus
  29. yoi bro klo soal motor aku gak pernah mati akal klo mw ngakal2in gtu pasti ada aja kepikiran bwt ngakalin trus jadi,alhamdulillah :D

    motong pake gurinda bsa kan bro? heheh

    BalasHapus
  30. thx gan infonya.. muanteeebbb!

    klo boleh nanya, ban ukuran 140/70-17" masih muat gak di arm thunder 125?
    trus bwt tromol depan knp harus ganti ya?(sdikit repot) klo memang harus ganti ada ga yang PnP..? soalnya punya ane shock depan sudah ganti pake tiger

    BalasHapus
  31. Boleh dun masbro.. Ban 140/70-17 muat om di arm standar. ban 130 di velg 350 aja masih sisa 2cm kanan-kiri. Tapi yang jadi masalah pasti di gear yang harus keluar biar rantai ga kena ban..Tapi tanggung msbro. pake ban 160 aja sekalian hehe..(lagi nabung buat yg 180+arm)--Hmm.. Kalo shock tiger ya pake tromol tiger aja bro.

    BalasHapus
  32. @Om Black.Pearl: Wah sorry om baru buka-lagi ga sempet. Sip om. Pake gerinda lebih rapih.

    BalasHapus
  33. wisss manteb!!! mo ganti ban aah ehehe..
    tapi klo 160 kyaknya mentok deh..?

    BalasHapus
  34. iya gk papa bro akhir2 ini jg aku dah jarang online.. alhamdulillah mtr ane dah selesai ganti tromol/.. bner2 btuh perjuangan mas bro dr kmrn2 stiap dah jalan pasti ada masalah ma bering tromol belakang keluar dr rumahnya. stelah ku seldiki2 ternyata krna pengaruh bushing yg kepanjangan.. klo pake bushing tengah asli thunder pasti bearing gak masuk sampe mentok, jd musti pake bushing tromol rx king jg kyknya spaya bering mentok masuk sampe batasnya..
    klo mas bro bearing tengahnya pake bushing apa??

    oh iya klo nap gear aku pake nap vixion mas bro.. krna klo di ukur dah sama panjangnya dgn nap gear thunder jd dah gak perlu tambah ring2 lg tp musti pake gear 42 vixion jg heheh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ,bro,pengen modif jg nih...
      ,jadinya untuk tromol belakang spesifikasinya gmn???
      _pake tromol apa?
      _pake tutup tromo apa?
      _pake nap gear apa?
      _pake gear apa?
      trus bushing2 and bearing nya gmn???
      bagi bagi infonya dong...
      makasih bro...

      Hapus
    2. Di atas ud gw tulis masbro. di copas aja + diskusinya, lumayan buat sharing info. Terimakasih

      Hapus
  35. @rhino: Yah maksud gw 160 dengan swingarm max 180. lumayan lah 500 rban + ban 160 2nd 600rban-bikin jebol kantong..

    BalasHapus
  36. @black.pearl: Urutannya dari kiri ke kanan(ketika menghadap ban belakang)kalo ga salah: Ring 20-bushing panjang thunder - 2xring 20 - Bearing nap - bearing gear - bushing as tengah king - 1xring 20+bushing pendek thunder(untuk ganjel dalam tromol)- 2xbushing aftermarket @ukuran 1.5cm - 1xring 20. PUSING KAN? (nap vixi bisa masuk ya?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. master,tu maksudnya bushing panjang thunder sama bushing pendek thunder tu yang mana sih?? heheheh
      maah orang awam :D

      Hapus
    2. Hehe..malu ah jd master -- Bushing standar ori T125 itu kalo ga salah ada 2 om. kalo kita menghadap ban dari belakang. Bushing yg ada di kiri dekat final gear itu ukurannya lebih pendek dari yang kanan sekitar 2,5cm tapi lebih tebal. Nah yg kanan ukurannya lebih panjang sekitar 3,5cm tapi lebih tipis besinya. Tapi kalo mau di tuker silang atau di ganti juga ga pp om. asal pas & sesuai kebutuhan aja.

      Hapus
    3. yah malah dipanggil om :D
      oiya master mau nanya lagi nih,,,tu pny entekn yg blakang pke pelek 350 yak,,,,trus gear depannya pake spacer juga??
      sam ni pnya ane cuman pke pelek 250 yang blakang,,,harus pake spacer juga gak ya :D
      blum ane pasang soalnya,,,,:D

      Hapus
    4. Enakan gw panggil Om atau Pakde?..Belakang pakai velg 350 ban 130- sekarang jadi 150( 160 juga muat).Gear depan ga pake spacer- agak miring dikit tapi tetep oke. Velg 250 ga usah pake spacer om. Tapi kalo mau aman dobel gear aja om.2 gear di gabung dan dibaut. trus di las(emang gear bisa di
      las?) 1 buat dudukan ke mesin- 1 lagi buat rantainya.

      Hapus
    5. embah aja dah heheehhehehehe
      oiya nih,mau nanya lagi master,,,,ente pake bushing nap gear yang pnya king gag?apa langsung pake bearing yang lobang as nya kaya as thunder???ane nyari ditoko susah amat,kaga ketemu,,,,heheh
      tau code bearing ny gag mater???bantuannya plis :D
      oiya gear bisa di las pake las babet namanya :D

      Hapus

    6. *Bushing nap gear? hmm.. kynya pake punya ori thunder deh. *Prinsip bushing kan cuma ganjel" jadi kalo beli yg lobangnya agak besar sedikit ga pp. Coba beli bekas di bengkel. Kadang nemu aja yg aneh aneh. lu korek korek aja toolbox nya montir. kalo mau.
      *Nyari bushing emang susah om. Kalo beli banyak...hehe..
      *Kode bearing tromol king pake as ori Thunder? Ada tuh di atas... Atau bawa aja as Thunder sama tromol King ke toko.
      *Oh bisa di las ya?

      Hapus
    7. oke makasih master,,,sory nih banyak nanya hehehehhe
      ntar ane kliling ibu kota dulu dah mumpung libur :D

      oiya kalo mau las gear,,coba aja ente ke deket pasar kenari,,,disitu kan banyak tukang las pinggfr jalan ,,,nanya aja tukang las babet gtu :D

      Hapus
    8. Sama sama om.. Ntar kalo keliling kota sambil tanya tanya aja kali aja ada banyak....hehee.
      Wah baru inget ya di kenari. Lupa gw. Ingetnya dempul doang...
      Sukes modifnya...!

      Hapus
  37. gan, boleh tanya ya gan..
    ane mw modif kaki belakang ane ke jari-jari.
    ane lagi nyari ban dalam ukuran Ban dalam swallow 300-400.
    agan dapet dimana ya gan..?
    kalau boleh info tokonya dimana gan..
    thx gan

    BalasHapus
  38. Sepanjang Jl. Sumur Batu Utara bro tapi nama tokonya gw lupa. Posisi di belakang ITC Cempaka Mas, kalo buka peta digital pasti ketemu. Ada 3 toko yg barangnya lumayan komplit.Depannya dipajang ban swallow. Yg punya kokoh kacamata sama istrinya yg cakep.hehe.. Harga 40rb.-Sama2 gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maap om nanya lagi yakz..
      heheheh
      Sumur Batu Utara itu yg masuk dari depan Yarsi atau yg dari Jalan Sunter Kemayoran ya gan..
      maap ya gan banyak nanya.

      thx before.

      Hapus
  39. Enak dari Yarsi bro (walaupun dari sunter kemayoran lebih deket). Dari arah galur sebelum ITC langsung ambil kiri Jl Cempaka baru timur lurus trus ketemu /4 an lurus lagi.Lokasi sekitar SMU 5 sebelum kali sunter kemayoran. Apa lu mau nitip aja ma gw? ntar kalo pulang kerja gw mampir. buka sampe jam 8 mlm

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh gan.
      ngerepotin.
      ane sendiri az gan :D
      salam kenal ya bro.
      ane penunggang pulsar.

      :D
      thx ya gan.

      Hapus
    2. Haha..okede-salam kenal juga masbro.. Sama2

      Hapus
  40. kalo ane pake tromol depan Shogun 125 buat thnder 125, yang harus dirubah apa aja ya??
    trus kalo harus dibubut apa cuma tempat buat lahernya aja yang dibubut ato lobang buat ass-nya juga harus dibubut??

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. (1.) Sebenarnya (hampir)semua tromol depan bisa di pakai di T125. Tinggal main bubut sama penyesuaian. Untuk Shogun125 dudukan baut cakram sesuai dengan cakram standar T125 tanpa rubahan. tinggal plek. penyesuaian hanya di bushing (2.) Pilihannya ada 2. Pake as standar T125 tapi rumah bearing S125 dibubut atau Pake as standar S125 tapi lubang as di shockbreker thunder di tambah daging karena diameter as shogun yg lebih kecil. Gw pilih opsi #1. Lebih aman kalo mau di standarin lagi.

      Hapus
  42. wah..makasih bgt ya masbro atas infonya...
    rncanaya hari ini ane mau pake opsi #1 masbro....hehe

    mau tanya lagi...hehe
    kalo tromol belakang pake rx king lengkap ori, apa langsung plek tinggal pasang aja ya??

    thx sblumnya... :D

    BalasHapus
  43. Yup. Ukurannya sama dengan standar T125. plus isinya juga sama dari kampas rem sampai diameter tutup rem. jadi tutup rem bisa pakai punya T125 tanpa ubahan. Tapi ada penyesuaian di bushing aja karena tromol RXking lebih dalam jadi bibir tutup rem T125 bisa kena. Ya di tambah bushing secukupnya aja. Jangan lupa pasang bushing panjangnya di tengah tromol. bearing bisa seret trus pecah kalo ngga di pake..

    BalasHapus
  44. bang Jazz... mau tanya nihh..... saya punya GL max.... velg nya mau saya ganti champ black 17".... apa tromolnya harus d ganti punya nya RX-king.... klo make tromolnya GL apa gak bisa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.. Ya terserah om Rizal. kalo duitnya tak terbatas ya monggo. Tp buat apa? Se-tau saya tidak ada kerjasama antara Champ dan Honda kan? heehe.. Becanda om.
      Jadi penggantian velg baik ukuran lebar tapak maupun diameternya tidak akan mempengaruhi jenis tromol yang di gunakan selama sama sama punya lubang jari jari yang jumlahnya bisa di sesuaikan. Jadi lagi.. ga usah ganti tromol om.

      Hapus
  45. Bang jazz tromol depan ap yg bisa bikin spido hidup ; soalnya mw bikin motor thunder 125 2008 jd enduro :) terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berhubung saya ga suka pake spido jd blum di coba tu om..
      Tapi menurut saya pake spido & tromol apa aja bisa om. Umumnya produk jepang punya kemiripan dimensi tromol maupun shock depan. Beda tipis jd tinggal di sesuaikan aja. Kalo mau pake spido Shogun 125 atau RX king bisa aja selama pakai sistem kabel. Atau mau ganti pakai digital juga bisa tergantung duit nya om. Selamat mencoba om..
      ("sesuaikan": alias; Potong, bubut, sambung dsb..)
      ("mencoba": alias; Trial & error, siap siap salah beli, dll..)

      Hapus
    2. Aku pake tromol supra x..... pake gear box spido beat lama....krn beat sama2 cakram kiri

      Hapus
  46. Bang Jazz, klo depan pke tromol ninja masuk g?apa aj yg perlu dirobah?terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti masuk om. Untuk ninja mungkin yg berubah ada 4item : 1.Bearing tromol lama diganti dengan bearing yg ukuran lubang as yg sama dengan diameter as thunder, bila ada perubahan ukuran rumahnya ya pasti main bubut. - 2.As depan. kebalikan dari item 1.Mau pakai as thunder atau as ninja? bearing tinggal di sesuaikan. biasanya sih dibubut tromolnya atau lubang as shock dpn - 3.Bushing.ukuran kanan kiri di ukur dulu dengan sigmat.jgn lupa pasang bushing panjang yg ditengah tromol. harus presisi.agar ban benar benar senter - 4.Spido. Mau pakai spido atau tidak? ..spido4pussy..

      Hapus
  47. bang jazz bisa minta foto untuk bagian gear belakang nya sama nap tromol ny.. bisa kirim kesini bang olahraga_yuk_cuy@yahoo.com, kali aja kalo liat gambar langsung ngena,, hehe makasih sebelum nya bang

    BalasHapus
  48. Bang Jazz, sebelumnya thanks infonya, btw ane udah siap2 ni ngerubah, cm ane pengennya pake velg champ ring 18 supaya motor lebih tinggi, bakal timbul masalah ga ya ? Coz kebanyakan pemakainya pake ring 17 semua.
    Owh iya, utk tromol king kan lubang ruji-nya 18 biji kiri dan 18 biji kanan, apa harus melubangi velg champ-nya, coz ane lom pernah liat lsg velg champ.

    BalasHapus
  49. Sebelumnya, Sama sama om.
    Kalo ada masalah ya itu relatif om. Ring 17 atau 18 ga beda jauh, Kecuali kalo motor dengan ban standar 16 di ganti dengan ban 21. nah itu kan jauh banget. pasti ada penyesuaian di motor maupun untuk pengendaranya. Tapi yakin aja om ga akan ada masalah. Madjoe teruzz..
    Untuk Tromol King jumlah lubangnya 2x18=36 sama dengan jumlah lubang standar velg motor pada umumnya dan velg Champ juga sama 36. Jadi ga perlu bor velgnya om. (Kecuali bila menggunakan jari Binter, Bukan di tambah lubangnya om tapi di perbesar diameternya.)
    Velg Champ bentuknya biasa aja om, Ga ada cakep cakepnya, Bentuknya standar seperti velg biasa tapi harganya terjangkau.

    BalasHapus
  50. om mau nanya nih tappi di luar topi
    itu shock belakang tinggi banget om, apa karet arm ga abis kemakan rantai om? coz punya ane tinggi shock belakang 40cm aja karet arm kemakan abis -_- tapi pake gir 39 sih om, apa itu ngaruh?

    BalasHapus
  51. Karet memang jadi boros om. ya resiko gaya, harus sering di ganti. Tapi gampang dan murah koq. Karet rantai kw3 15rban. kalo mau pasang tinggal lepas as arm trus tarik arm ke belakang lalu pasang karetnya. Ga sampe 1/2 jam om. Kalo ukuran gear mungkin ga terlalu ngaruh om. mau pake 36 atau 45 selama shocknya tinggi ya tetap kemakan karetnya.

    Kecuali kalo sistem karet di rubah jadi transfer gear. Jadi pake gear depan yang di las dengan bearing kecil lalu beri dudukan trus di las ke arm. Secara teori IDE ini bisa di pakai om tapi mungkin umur rantai ga akan lama karena tekanan gear besi ke rantai lebih besar di bandingkan dengan menggunakan karet.. gitu om..

    BalasHapus
  52. bang jazz, mo tanya yaa..
    pake ban segede tuh apa ga berat larinya motor??
    aq pernah pake ban gedhe, tp mentok cuman lari 80km/jam.

    makasih bang jawabnya...

    BalasHapus
  53. pakai tromol balakng smash masuk ga bro ?

    BalasHapus
  54. bang ,,, pelek dpan 2,5 blakang 3,5 ,, kalo pake ban 150 untuk blakang ,,, ukuran gearnya berapa yahy biar ga berat pas di tanjakan////

    BalasHapus
  55. bang kalo velg belakangnya pake ukuran 300-17 dan ban 110/70/17, trus buat yang depan cocoknya ukuran velg dan bannya yang berapa ya??

    BalasHapus
  56. Om, kalo speedonya pingin tetep jalan gimana om?
    makasih

    BalasHapus
  57. ass bang,sya penunggang petir baru sya mau gnti pelg cw lg cumn sama tapak lebar,apa ada after market yg tggl pnp...kalo pke jari2 terlalu ribet he

    BalasHapus
  58. Mas.Jazz mau tnya.

    1.kalau ganti velg ruji dgn tromol dpan shogun dan blakang RX king apakah semua peleg bs di pasang.atau hrus peleg khusus untuk ganti velg Ruji thunder .

    2.pakai TromoL apa yg bisa fungsi spido meter nya thunder. ??

    3.gimana cara nya yg belakang ganti velg ruji tapi di ganti Rem cakram. Harus pakai TromoL apa..??

    Mohon bantuan info nya ya..krn masih pemuLa mau ganti velg ruji thunder 125...

    Mksh bnyak pencerahan nya..di tunggu jawaban nya ya..

    .mksh

    BalasHapus
  59. Bang Bro,
    Keren bgt velgnya
    iri bgt!!!!

    Jujur gw gak ngerti cara rakitnya. dan memang gak terlalu paham sampai ke printilan gitu...TAPI PENGEN PUNYA HAHAHA
    ada toko/bengkel yg jual udah tinggal pasang gak ya?

    Soalnya thunder gw pake velg power berat bgt! :(
    alhasil rangka belakang bengkok

    BalasHapus
  60. malam gan...pake penibggi shock aman ya??

    BalasHapus
  61. Mau tanya tutup rem buat velg ORI thunder pake RX king apa sama .apa harus di akali juga ya om...

    BalasHapus
  62. Mau tanya tutup rem buat velg ORI thunder pake RX king apa sama .apa harus di akali juga ya om...

    BalasHapus