Minggu, 13 November 2011

SKETSA IDE

    Berawal dari ketidakpuasan saya pada tampilan motor yang gitu gitu aja. Dan seringnya ngiler" di jalanan melihat motor2 aneh" memang istilah rumput tetangga lebih hijau itu ada benarnya. bila kita mensikapinya dengan bijak. Bijak dalam arti ekonomis. "Hey men..motor lu itu motor pahe" kata teman saya. Mungkin maksudnya ya motor ekonomis dengan perawatan yang mudah, murah dan udah jangan di macem macemin lagi. Ga pantes! Huff.. Tapi memang benar lho. Thunder itu relatif ga Rewel". Tapi ya berhubung saya adalah orang yang ga mudah puas apalagi soal tampilan motor yang menjurus ke pasaran" Jadi harus ada solusi jitu yang murah meriah.
    So. Ide awal untuk meng acak acak tunggangan adalah melalui disain sketsa yang di tuangkan di mana saja yang penting bidangnya kosong.Ga perlu kuliah di jurusan disain untuk bisa gambar yang penting kita mengerti maksudnya. Ada beberapa rencana yang sudah terpikirkan dan mungkin juga bisa jadi masukan ide buat teman teman yang lain.Mohon di koreksi..

    1. Rubah dudukan lampu depan
        Jadi. Pada dasarnya posisi lampu utama di mundurkan" ke belakang se-maksimal mungkin sampai mentok rumah kunci stater. tinggi rendahnya sinar ke jalan tergantung penyesuaian masing masing rider. Penggunaan besi plat 2mm dengan beberapa titik las bisa di aplikasikan dengan baik. Bila teman teman pernah lihat lampu motor HD chooper atau motor MV agusta Brutale?. mirip deh. Model segitiga pendek juga bisa di pertimbangkan, mengingat bentuknya yang sama dengan dudukan lampu thunder cuma ukurannya yang mini"
 ** tingkat resiko 10% dalam skala 1:100


    2. Agar stang TS tidak bergerak
        Pernahkan anda menabrak motor lain yang sedang menyeberang jalan tanpa memberi lampu sein?
       Yup its sucks!. atau nge-rem mendadak karena ada bebek lewat? I hate it! Nah. Bagi yang sudah aplikasi stang TS atau Trail mungkin ada keluhan mudahnya stang tersebut bergerak maju mundur. Jadi bagaimana bila di las saja? dudukannya ke mana? Pada sisi luar segitiga atas thunder terdapat baut 12 penjepit tabung shock. baut tersebut bisa di gunakan sebagai penahan stang( gambar A). Atau disain yang lain adalah dengan langsung membuat dudukan ke baut segitiga dan di las ke stang melalui raiser(gambar B)
** tingkat resiko 10% dalam skala 1:100
                                  A                              B                                                                                           

    3. Buat gear spacer murah
        Aplikasi ban lebar pada thunder 125 memang gampang gampang susah. Gampang belinya susah  masangnya dan jarang yang jual sparepart aftermarketnya. mungkin karena di kira motor cc kecil jadi ga mungkin lah sampai di macem macemin kayak T*ger gitu. Jangan salah bro. Justru karena cc kecil para pengguna malah makin tertantang untuk renovasi motornya jadi keren.Lihat saja di jalanan. banyak banget thunder yg di acak acak dari model pake fairing, enduro, japs, drag bahkan model touring dari yang bersih sampai yang jorok banget juga ada. ckckck..
Oke kembali ke...meja makan.
Posisi gear yang center menjadi harga mati agar ban dapat berputar dengan baik. Penambahan spacer dengan mur 14 dan ring 12 untuk thunder 125 dapat di aplikasikan dengan mudah agar terdapat jarak yang diinginkan dan rantai tidak mencium ban( atau terbalik?). Baut 12 bawaan nap gear Rx di ganti dengan yang ukurannya lebih panjang tapi penempatannya di balik. karena sulit untuk mendapatkan baut 12 tapi dengan kepala 14( dudukan baut di dalam nap gear Rx adalah 14).
** tingkat resiko 20% dalam skala 1:100




    4. Rubah posisi shockbreker belakang
        Berniat ganti swing arm lebar agar ban profil 180 bisa masuk pada tunder 125? kalo model monoshock sih gampang. Tinggal beli trus pasang. Tapi bagaimana bila kita ingin tetap dual shock? Pasti pusing karena dudukan atas shock belakang ukurannya pendek. wah bagaimana neh? Tenang. Apa sih yang orang Indonesia ga bisa? pasti bisa.
1. Bushing
    Berguna untuk ganjel" komponen ban agar center melalui as. Begitu teorinya. Tapi bushing juga dapat di gunakan untuk hal lainnya. seperti ide di bawah ini.Pilih ukuran panjang dan diameter yang sesuai dengan thunder. kalo ga salah uk diameter baut 17 dan kualitas bushing juga harus bagus. perkuat dengan besi 10 agar semakin rigid. Proses las harus di lakukan dengan extra hati hati dan teliti. 
2. Besi plat 2mm U-shape
    Miripdengan cara kerja anting peninggi shock jadi di buat plat yang menyerupai dudukan shock pada motor lalu di las di bawahnya dengan extra hati hati dan teliti. Posisi shock jadi lebih tinggi 3-7cm dan lebih keluar 5-8cm.
** tingkat resiko 70% dalam skala 1:100.  


Perlu di perhatikan bahwa apa yang saya kemukakan ini adalah baru sebatas ide yang diharapkan dapat berkembang menjadi hal yang lebih aman dan efesien. Kualitas dari produk pabrik memang sudah bernilai 100 / 4 jempol/ a.k.a Sempurna bagi keamanan berkendara sesuai dengan regulasi di negara tersebut. Tapi. kalo kita tidak extreem dalam ber-Ide. ya ga akan berkembang toh?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar