Jumat, 14 Maret 2014

JAJANan RINGAN 1

Akibat kerja nine to six (jam 9 sampai jam 6 sore buat yg ga ngerti..).. jiaah lagak mu'... dan mon to sat ( senin sampai sabtu..) Pulsar ku ga ter-urus. sampai kurus..

Jadi sudah sekitar 3 bulan siPulsar bertahan dengan kondisi belum di servis resmi. Kalo cuma cuci karbu, cuci kampas rem, ganti oli sendiri bisa di bilang servis- ya mungkin servis tidak resmi. Tapi tetep diservis. tetap dirawat.. (..dengan tidak resmi tentunya..)

Hingga sampailah pada puncak ke-khawatiran akan umur sebagian komponen yang sebentar lagi habis masa baktinya. Lha gemana ini? mau datang ke bengkel resmi saya cuma libur hari minggu. Mau beli sparepart asli cuma ada dibengkel resmi yang hari minggu tutup. Pas banget kan? Tapi itu dulu..

Sekarang saya baru tahu bahwa ada beberapa Toko penyedia Sparepart Original BAJAJ online yang menyediakan semua komponen yang dibutuhkan para pengguna Bajaj khususnya Pulsar. Tau gini dari dulu aja..

http://sparepartpulsar.blogspot.com/2012/12/spare-part-pulsar-resmi-termurah.html

http://www.joker-999.com/home.php


Jadi, mulailah saya belanja, dengan order pembuka sepasang kampas rem depan belakang dan lampu dekat P220. Hari ini pesan- transfer besoknya barang sudah sampai, Simple dan praktis. Tapi.. Berhubung saya ga tahu berapa sih harga pasaran atau harga jual tertinggi untuk konsumen? jadi saya kunjungi stus resminya dan mendapatkan beberapa fakta.

Bahwa harga tertinggi eceran bagi konsumen bisa dilihat disini.
http://www.bajaj-indonesia.com/en/

Memang ada sedikit selisih harga dari Pricelist resmi BAJAJ. Tapi itu tidak seberapa dibandingkan kita harus menunggu ketersediaan barang. Bagi yang fanatik dengan brand Bajaj dan ga mau repot, Selisih 5-10rb rupiah tentu bukan masalah. Ada beberapa pertimbangan pada saat saya ingin memesan fast moving part seperti kampas rem untuk p220, Seperti yang banyak diulas. Kampas rem depan bisa pakai Honda Vario atau Yamaha Scorpio, kampas belakang pakai honda vario juga.




Harga online Kampas rem depan Pulsar 220 Rp65rb dan belakang Rp60rb.
Sedangkan beli offline di bengkel biasa Kampas rem depan milik Honda Vario sekitar 40rban.
Selisih belasan ribu- Tapi itu adalah ongkos dari repot" penyesuai-an sana sini. potong-amplas-grinda sana sini di hargai belasan ribu. Anda mau? Saya tidak.

Bukan sombong atau kebanyakan duit om.. Tapi setelah sekian lama berurusan dengan hal hal semacam itu. "transplantasi-adaptasi" Sudah cukup lah-bayar aja. Damai lah..

                                                       wujud kaliper belakang P200ns,tetap pakai spi kawat. (foto punya om iwan)
http://iwanbanaran.com/2012/02/15/gambar-detil-pulsar-200ns-pantaskah-kalau-dijual-24juta/

"Bedah" kampas rem Pulsar itu ternyata lebih mudah daripada rem motor jepang. Padahal hanya sedikit perbedaan antara sistem drat dan spi,  tapi dampaknya bagi tenaga sangat terasa.Cuma lepas spi kawat sebagai penahannya. Beres deh..

Tapi..permasalahan muncul setelah semua selesai terpasang. Lha ini seret buanget ya? Ban hampir terkunci 90%. Mana bisa jalan kalo kaya gini? Trus bagaimana?

Selang-seling aja. Kebetulan kampas lama belum terlalu tipis jadi masih aman buat  aksi cieett.. Nanti setelah sekian Kilometer baru di ganti. Gambarannya seperti ini:


Kampas lama kita beri nama AB- kampas baru CD. Selang-selingnya adalah AD lalu nanti ganti jadi CB. Nah nanti pada akhirnya kita mendapatkan kampas baru yang telah tergerus dengan ketebalan yang sama dalam periode waktu yang sama. Jadi ga usah di amplas atau di gerinda dulu biar ga seret.

Sabar aja..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar