Senin, 14 November 2011

NAFAS PANJANG THUNDER SAYA

Hosss hosss...
Rasanya waktu berkendara dengan beban penuh. Din! din! (suara klakson) woi minggir! Ya om silahkaen duluan..monggo.. Perasaan kesal berkecamuk. Ampun deh ni motor. Caci maki kepada teman setia saya sudah tidak terbatas pada kosakata verbal kelas rendah. Bahkan sudah lebih menjurus ke vandalisme ligual. Ga pantes deh di tulis di sini. Tapi Sekarang....Sama aja.
Namun.. ada sedikit perbedaan yang dirasakan. Nafasnya agak panjang dan enteng. maksudnya ketika throtle di bejek itu sebanding dengan raungan dan tenaga yang keluar.Yah lumayan lah buat beban 1/4 ton sekali jalan dengan ban lebar. Walaupun masih ngimpi mengganti mesin thunder dengan mesin after market merk Dukatiy 690. Berikut Tips yang saya dapat dari beberapa blog para pendahulu kita dan sudah saya aplikasikan sendiri.

Berikut 4 tips gratis tersebut.. monggo di simak..

Tahap 1.  Lepas cover filter. 
Itu bahasa saya saja untuk bagian saringan udara. jangan bingung.Pegangan!. kalo casing" di bawah paha kiri kita di buka maka akan terlihat sebuah black round box with hole" yang memiliki 3 baut. Kemudian dilepas dan kembalikan ke 3 baut tersebut ke lubangnya semula (agar tidak hilang). Ya.. yang dilepas hanya covernya saja tapi jangan lepas busa filternya.

Tahap 2. Setel Karburetor
Putar baut seting udara di sisi kiri motor dan jangan yang di kanan (karena tidak ada jadi percuma kan?). putar sampai mentok ke kanan searah jam. Setelah itu putar kembali ke kiri sebanyak 3.5 x 360 derajat. Maksudnya agar saluran udara yang masuk diperbesar . Ketika baut di putar nanti anda merasakan seret" pada drat. jangan khawatir-jangan ragu. teruskan saja. Sudah?
Sip!

Tahap 3. Buka ring busi.
Putar ring ke arah kiri. Paksa aja. pasti bisa. jangan ragu. kompresi tidak akan bocor koq. lalu pasang kembali busi. Atau ganti aja yg Iridium harga 50rb an

Tahap 4. Buka pintu garasi
Bersiap untuk riding keliling komplek

------------------------------------------------------------
Nah. Sampai di situ coba rasakan perbedaannya. Ngga usah berharap untuk tenaga besar. Gemana? Masih kurang? Oke. Coba simak yang berikut ini..

Tahap 5. Ganti CDI
Setahu saya untuk Thunder 125 standar yang bagus dan murmer tuh merek BRT i-DTSi kalo ga salah  (hmm.. sok iklan..) tanpa ganti koil. jadi aman buat harian. Coba deh. Gemana? masih kurang? Oke

Tahap 6. Ganti Knalpot free flow
Jangan sembarangan ganti knalpot. Itu yang saya sarankan buat teman teman yang mau mampir di warung knalpot kaleng pinggir jalan. Harga ga bohong. Ganti yang bagusan dikit dengan bahan anti karat seperti aluminium dan bisa di ganti glasswoolnya. Saya pakai merk HMF malaysia karena alasan di atas. Sementara kaum nasionalis sedang men-demo malaysia. Lha saya malah beli produknya.(geleng geleng...)

Tahap 7. Bensin Pertamax
Yang ini mah ga usah di jelaskan semua sudah pada tahu.

Saya tidak menyarankan mengganti head mesin dengan paket boreup 150cc. selain harganya lumayan. Motor kita sudah cukup kuat koq kalo cuma buat keliling jakarta bogor bandung PP. yah kalo belum puas juga lebih baik menabung buat motor yang lebih besar. Sekian.

5 komentar:

  1. Saya punya motor suzuki thunder beberapa hari gak dihidupin ternyata susah nyala nya, lagian saya punya lampu depan kiri kedipan nya sangat cepat karena lampu kiri depan mati, sangat susah cari lampunya

    BalasHapus
  2. Saya jg pakai thunder 125 tahun 2007, hampir 6 tahun ga dinyalain tp pas dipake lg tokcer ga ada masalah apapun.

    BalasHapus
  3. Petir ane thn 2008 msh kenceng klo diturunan 😅 nah skrg tarikan gas sama kopling agak berat tp lmynlh bwt sebuah motor tua tp gk ketuaan jg klo bwt tooring bogor bandung sih ayoo wlw mesti transit di warkop 3-5 kali

    BalasHapus
  4. Saya belum punya tp gw nekat ttep mau beli 2thunder doain dpt yg terbaikdeh

    BalasHapus
  5. Itu gigi 1 bisa nyampe brp km/h ya gan

    BalasHapus